Show notes
Siapa yang pernah dibilang lebai selama pandemi ini?Katanya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Setuju, tapi harus bisa dijelaskan definisi “berlebihan” itu seperti apa. Jika hanya suatu anggapan yang bersifat subjektif ya itu namanya julid bukan bertujuan untuk mengingatkan orang lain ✌️Sudah sering saya jelaskan, penularan melalui dropet permukaan benda bukanlah jalur utama penularan Covid namun cuci tangan adalah salah satu protokol kesehatan yang sudah lama sekali kita lakukan juga sebelum era pandemi sebagai suatu perilaku hidup bersih dan sehat. Risiko kecil bukan berarti tidak bisa karena penularan Covid adalah dari droplet dan kita tidak bisa melihat droplet tersebut, jadi prinsip “pencegahan” tetap adalah yang terbaik terutama bila kita habis memegang benda-benda yang berisiko terkontaminasiFYI, di negara tropis seperti Indonesia ini, mau anda membersihkan benda ataupun tangan anda berkali-kali tetap saja tidak akan sampai steril 100% karena banyaknya debu dan kotoran di sekitar. Jadi tujuan kita membiasakan hidup bersih sebenarnya terutama untuk mencegah penyebaran infeksi yang berbahaya yang juga banyak di Indonesia, yang menggunakan tangan atau benda sebagai salah satu media penghantarnya.Apalagi di era pandemi, cuci tangan juga termasuk salah satu dari 5M protokol kesehatan yang harus dipahami cara melakukannya dan kapan harus melakukannya supaya apa yang dilakukan memang sesuai dengan target dan tujuan kita yaitu meminimalkan risiko kita tertular/menularkan virus ini ke orang lain.Jadi, tetap maju yah pejuang-pejuang protokol kesehatan. Jangan gentar dibilang lebai. Orang lebai tidak akan pernah merugikan orang lain tapi orang abai sangat merugikan dan membahayakan orang lain.Jadi pilih LEBAI atau ABAI nih



